Ini tengkorak manusia pertama yang jadi korban pembunuhan di dunia


Tengkorak Pembunuhan pertama di dunia. ©2015 Merdeka.com
Merdeka.com - Para arkeolog menunjukkan sebongkah tengkorak kepala manusia purba, yang diindikasi kuat sebagai orang pertama jadi korban pembunuhan di dunia pada 430 ribu tahun silam.

Tengkorak kepala yang dipertontonkan di Spanyol, mengindikasi bahwa pembunuhan dilakukan dengan menancapkan benda tajan ke dua titik tajam yang menembus pelipis mata kiri.

Situs arkeologi menyebutkan, tengkorak ini ditemukan di utara Spanyol, Sima de los Huesos, yang mana terdapat 28 rangka manusia purba di dalam goa bawah tanah tersebut.

Penelitian selama 20 tahun tersebut berhasil merekonstruksi 52 fragmen yang bisa disatukan dan mencapai hasil sempurna.

Secara mendalam, para ilmuwan mendapati jika coak dalam kerangkan tengkorak tersebut akibat tikaman yang sengaja dilakukan oleh manusia primitif sesamanya.

"Dengan mengandalkan teknik forensik modern, tengkorak ini menunjukkan dua luka frontal oleh tikaman terpisah dengan benda yang sama," ucap Dr Nohemi Sala, pemimpin studi tersebut, seperti dilansir surat kabar the Daily Mail, Kamis (28/5).

Bila merujuk keterangan dari agama samawi, pembunuhan pertama di muka bumi menimpa anak kandung Nabi Adam. Dalam Alkitab, dikisahkan Kain membunuh Habel. Penyebabnya karena persembahan Habel pada Tuhan diterima, sehingga Kain merasa iri.

Dalam tradisi Islam, ceritanya hampir mirip, tapi nama korban pembunuhan pertama itu adalah Habil. Sang pembunuh Qabil. Mereka adalah keturunan Adam yang bekerja sebagai petani.

Berbeda dari Injil yang menyatakan Kain dikutuk mengembara ke seluruh dunia, Qabil dalam Alquran digambarkan minta ampun pada Allah atas perbuatannya. Maka dia kemudian memakamkan saudaranya itu meniru cara gagak mengubur sesamanya.

Sumber : Merdeka.com