Daftar Wisata Kota Palembang

Pempek Palembang buatan warga Kampung Kapiten.
(sumber foto: detik.com)

Wisata alam, wisata kuliner, wisata sejarah, dan wisata kebudayaan, semua tersaji lengkap di ibukota Sumatera Selatan ini. Jika anda mampir ke Palembang, jangan hanya membawa pulang mpek-mpeknya saja, tetapi bawa pulang juga pengalaman berharga dari berbagai macam wisata yang ditawarkannya.

Bila menggunakan pesawat untuk mencapai Palembang, mungkin anda akan disambut dengan banyak informasi wisata di Bandara Sultan Mahmud Badarudin II, namun jika menyebrang dengan kapal laut, anda tak akan menemukan hal serupa di pelabuhan Boom Baru. Saran kami, datanglah ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Palembang. Letaknya di Jl. Sultan Mahmud Badaruddin II no.2, tepat di bawah Museum Sultan Badarudin. Anda bisa membawa pulang berbagai flyer dan buku panduan wisata Negeri Pempek ini.

Dalam tulisan ini, kami akan memberikan daftar beberapa wisata yang bisa dijadikan referensi selama anda menjelajahi Kota Pempek. Here we go!

1. Wisata Alam
- Sungai Musi
Lomba Perahu Bidar dan Perahu Motor Hias menghiasi Musi ssetiap Hari Kemerdekaan dan Hari Jadi Kota Palembang (17 Juni).
- Pulau Kemaro
Terdapat Klenteng Budha dan Pagoda yang dibuka dan sangat ramai saat perayaan Cap Go Meh.
- Taman Hutan Wisata Punti Kayu
Anda bisa menikmati wilayah taman kreasi yang mempunyai fasilitas: kolam renang, tempat ibadah, kebun binatang, dan sarana olah raga. Ada juga wilayah hutan lindung, wilayah perkemahan, serta wilayah danau dan rawa.
- Bukit Siguntang
Anda dapat menikmati panorama kota Palembang dari ketinggian Bukit Siguntang. Bukit ini juga merupakan objek wisata arkeologi.

2. Wisata Kuliner
Semua jenis pempek asli Palembang tentunya harus mampir ke lidah anda sebelum pulang ke tempat asal.
- Pempek: Pempek Kapal Selam, Pempek Tahu, Pempek Lenggang, Pepmpek Kates, Pempek Lenjer, Pempek Panggang, Pempek Adaan, Pempek Kerupuk, Model, Tekwan, Lakitan, Celimpungan, Burgo, Lakso, Ketolo, Kelasan, Kelempang.
- Aneka jajanan pasar pagi: dadar jiwo, mentu, bugis, kuepau, apem, apem banyu, gunjing, putu embun, putu mayang, telok ukan, blunder, ketan, ketan punar, klepon, bodem, gelenak, engkak cucut, engkak medok, engkak ketan.

3. Wisata Sejarah
- Masjid Agung Palembang
- Benteng Kuto Besak
- Jembatan Ampera
- Monumen Penderitaan Rakyat
- Museum Sultan Badaruddin II
- Museum Balaputra Dewa
- Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya
- Kampung Kapiten

4. Wisata Kebudayaan
- Tenun Songket Palembang (di Jl. Lap. Hatta & Jl. Naga Swidak)
- Tari Gending Sriwijaya, Tari Tanggai, Tari Tenun Songket, Tari Rodat Cempako, Tari Mejeng Besuko, TariMadik, Seni Dul Muluk, dan Wayang Palembang.

Sebenarnya masih banyak daftar wisata di kota Palembang, tolong ditambahkan jika ada yang terlewat ya kawan. Sedikit tips, bila anda berkunjung ke Palembang, jangan lupa bawa oleh-oleh songket aslinya, harganya bisa jauh lebih murah jika anda membeli di tempat pembuatannya langsung. Enjoy the city and let's travel responsibly! [@lucianancy]


Sumber:http://aci.detik.com/read/2010/11/03/163320/1484434/1001/daftar-wisata-kota-palembang/6/4