Fosil Kerangka Manusia 3 Ribu Tahun

Masih ingat temuan fosil 4 kerangka manusia yang diperkirakan berusia 3.000 tahun di Gua Harimau, Desa Padang Bindu, Kecamatan Semidang Aji, OKU tahun lalu? Sebagai lanjutan temuan fosil, tim Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Puslit Arkenas) September 2010 sudah melakukan penelitian kembali. Hasilnya, beberapa fosil yang diduga sebagai tulang belulang manusia dari zaman prasejarah kembali ditemukan.

‘’Tim dari Jakarta sudah melakukan penelitian di Gua Harimau. Rangka manusia yang diduga berusia 3 ribu tahun ini dalam posisi terbaring jongkok dan dalam kondisi terlentang. Rangka ini masih berupa orok,’’ ujar Kadis Pariwisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga OKU Yusnardi SH melalui Kabid Pariwisata Ansori Yahudin.

Tim Arkenas yang turun adalah Wahyu Saptomo MHum (ketua tim), Dr Truman Simanjuntak (pengarah), Ir Fadhlan S Intan, Dra Vita, Ngadiran, Dr Harry Widianto, Dra Aliza Diniasti, Sigit Eko Prasetyo SS. Penelitian dilakukan dalam rentang waktu sekitar 15 hari. Masih menurut Ansori, informasi dari Wahyu (ketua tim), keberadaan fosil di Gua Harimau ada beberapa versi. Pertama, keberadaan fosil ada yang golongan ‘bangsawan’ dan sengaja dikubur bersama pengawal yang menjadi pelayan. Ada kepercayaan mereka akan tetap mendapat pelayanan dalam kubur. Versi lain, keberadaan rangka sebelumnya dipindahkan dari satu makam tempat lain. ‘’Rangka manusia itu belum diangkat. Setelah dianalisis kerangka ditutup kembali dengan kotak kayu ke tempat semula,” ujarnya. Tak berbeda dengan temuan rangka tahun sebelumnya, rangka yang baru ditemukan tim arkeolog berada pada kedalaman 30-40 cm. ‘

’Dalam penggalian, tim mengajak 6 tenaga penggali warga lokal. Menurut tim keberadaan situs di OKU, termasuk terlengkap di Indonesia, baik temuan fosil maupun benda prasejarah,’’ jelasnya. Informasinya, tim Arkenas akan kembali meneliti tahun depan. Sekadar informasi, rangka manusia ini ditemukan di sekitar Gua Harimau di tengah hutan sekitar 1 km di selatan Desa Padang Bindu pada tebing perbukitan dengan kemiringan 60%. (26/36)

Sumber :http://www.sumeks.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=10547:fosil-kerangka-manusia-3-ribu-tahun&catid=51:sumsel&Itemid=101