Berkunjung Ke Museum, Yuk

Ada satu pertanyaan yang mudah yang Saya ajukan kepada Anda pembaca, “Berapa kali Anda pernah menunjungi museum selama hidup Anda ?” Satu kali, dua kali atau mungkin saja dari Anda, ada yang belum pernah sekalipun mengunjungi museum. Sangat disayangkan bagi sebagian masyarakat kita, museum masih dianggap tempat yang menyeramkan, dimana benda-benda koleksinya yang telah berusia puluhan, ratusan, bahkan ribuan tahun menambah kesan seram dan angker museum. Menurut Kamus Bahasa Indonesia, museum adalah tempat menyimpan benda-benda purbakala, sejarah, dan sebagainya. Pengertian lain yaitu, PP Nomor 19 Tahun 1995, pasal 1 ayat 1, mengatakan museum adalah lembaga, tempat penyimpanan, perawatan, pengamanan, dan pemanfaatan benda-benda bukti materil hasil budaya manusia serta alam dan lingkungannya guna menunjang upaya perlindungan dan pelestarian kekayaan budaya bangsa.

Mengapa kita perlu berkunjung ke museum? Apa manfaatnya ? pertanyaan tersebut sering terlontar dan kita dengar dari masyarakat kebanyakan ketika diajak mengunjungi museum. Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan ketika mengunjungi museum dan melihat koleksi museum. Manfaat yang paling sederhana adalah rekreasi atau berwisata. Museum juga dapat berfungsi sebagai tempat menambah wawasan pengetahuan. Dalam museum terdapat benda-benda hasil budaya manusia masa lalu yang dapat memberikan banyak pelajaran dan wawasan pengetahuan kepada pengunjung museum

Tahun 2010 ini, pemerintah melalui Departemen Kebudayaan Dan Pariwisata meluncurkan program Tahun Kunjung Museum 2010 yang peluncurannya dilakukan oleh Menbudpar Ir. Jero Wacik, SE di Balariung Gedung Sapta Pesona Jakarta pada 30 Desember 2009. Program Tahun Kunjung Museum 2010 merupakan upaya pemerintah untuk mendorong kesadaran masyarakat terhadap arti penting museum serta meningkatkan jumlah pengunjung museum yang menjadi bagian dari Gerakan Nasional Cinta Museum (GNCM). GNCM mulai dilaksanakan pada 2010 hingga 2014.

Dengan dilakukannya peluncuran program Tahun Kunjungan Museum 2010, diharapkan masyarakat mulai mengunjungi museum sebagai salah satu wisata pendidikan unggulan. Tentu saja pihak Museum sebagai “tuan rumah” harus dapat berbenah diri dan mengkatkan pelayanan kepada setiap pengunjung yang datang, sehingga diharapkan setelah pengunjung mengunjungi museum akan mendapatkan kesan positif dan wawasan dari museum. Sehingga tujuan museum sebagai tempat yang penting untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat luas agar masyarakat memahami dinamika dan keanekaragaman budaya Indonesia. Dengan pemahaman tersebut masyarakat Indonesia diharapkan dapat menghargai dan mengerti budaya masyarakat Indonesia yang multietnik ini, sehingga konflik masyarakat dapat dihindari. Jadi tunggu apa lagi, berkunjung ke museum, yuk.